Informasi Penerimaan CPNS Tahun 2018

Senin, 25 September 2017

SKD CAT DIII dan SLTA/Sederajat Pelamar CPNS Kemenkum HAM Mulai Digelar Hari Ini

Sahabat pembaca Info CPNS 2017, sudah tahukah anda bahwa Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan CAT-BKN bagi pelamar CPNS tahun 2017 dari tingkat SLTA/sederajat dan DIII Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum dan HAM) digelar serempak mulai hari ini, Senin (25/9/2017). Seleksi yang diselenggarakan di 33 provinsi di seluruh Indonesia tersebut diselenggarakan dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) BKN.

Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan di ruang kerjanya mengatakan bahwa sistem CAT-BKN akan digunakan pada penyelenggaraan SKD tersebut mulai dari 25 September 2017 hingga 3 Oktober 2017. Peserta lolos SKD CAT yang dapat mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) akan diumumkan pada 9 Oktober 2017.

SKB sendiri akan digelar pada 23 Oktober hingga 28 Oktober 2017 dengan rincian untuk pelamar dari formasi DIII akan menjalani SKB CAT dan dari formasi SLTA/Sederajat akan menjalani tes kesamaptaan. Pasca-itu akan digelar SKB melalui pengamatan fisik dan keterampilan pada 30 Oktober hingga 2 November 2017. Sementara itu pengumuman kelulusan akhir akan diumumkan secara online pada 9 November 2017.

Plafon Ambruk

Pelaksanaan SKD di sejumlah daerah sempat mengalami beberapa kendala. Misalnya SKD di Universitas Bina Darma Palembang sempat diwarnai dengan peristiwa ambruknya plafon di ruang 12 tempat pelaksanaan sesi ke-3 SKD. Namun dilaporkan tidak terdapat korban jiwa dan pelaksanaan sesi 3 dipindah ke ruangan lain yang dipastikan aman.

Di bagian lain pelaksanan SKD di Kampus Universitas Abulyatama, Aceh untuk sesi 1 dan 2 juga sempat mengalami penundaan karena instalasi listrik terbakar dan kini telah teratasi. Menanggapi hal itu, Kepala Biro  Humas BKN, Mohammad Ridwan mengatakan beberapa kendala teknis di daerah, misalnya Aceh dan Palembang memang terjadi, “Tetapi yang paling penting adalah hak pelamar untuk ikut SKD dengan CAT BKN tetap dijalankan dengan modifikasi pelaksanaan sesuai teknis di lapangan”.

Di bagian lain, mengawali pelaksanaan SKD CAT untuk pelamar tingkat SLTA di Kepulauan Bangka Belitung, Senin (25/9/2017) Kepala Kantor Wilayah Kemenkum dan HAM RI Bangka Belitung, Yoseph, di hadapan 81 peserta CAT sesi I menyampaikan bahwa SKD  merupakan babak lanjutan para CPNS penjaga tahanan untuk berkompetisi. “Kami membutuhkan tenaga-tenaga yang fresh untuk memberikan sumbangsihnya pada negeri,” ujar Yoseph.  Melalui SKD CAT BKN Yoseph berharap akan dapat terjaring pegawai baru yang berkualitas.

Selanjutnya ditegaskan oleh Yoseph bahwa rekrutmen CPNS ini tidak dipungut biaya. “Jangan percaya dengan oknum yang menjanjikan kelulusan kalian,” tandas Yoseph. Pelaksanaan SKD di Kepulauan Bangka Belitung menjaring 528 formasi dalam jabatan penjaga tahanan  dari 2860 pelamar yang lulus seleksi administrasi dan pengukuran tinggi badan yang telah dilaksanakan pada tanggal 11-16 September 2017 lalu. 

Berita ini bersumber dari BKN.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Facebook Page

Pesan Sponsor

Pesan Sponsor

loading...

Label

Arsip Blog

Statistik Blog

Diberdayakan oleh Blogger.